Senin, 19 April 2010

TEORI-TEORI ILMU SOSIAL KELUARGA

PENDAHULUAN
Saat ini tdk satu pun teori dr kep. Terapi klg,/ ilmu2 sosial klg yg mengurikan scr m’dlm hub.& dinamika kehidupan klg diantara b’bgai mcm klg yg ditangani.
Ada bbrp teori yg m’punyai ruang lingkup yg luas sprti teori Roger/stm umum yg dterapkan pd klg. Teori yg m’punyai rentang sedang yi: teori stress klg(Hill 1949),teori peran klg ( Rose,1962) & teori komunikasi klg (Watzlawick,et al,1967)
Lanjutan………………..
Teoritis ilmu sosial dpkai u/ m’pelajari klg,jls bhwa hanya ada konsensus kcl menyangkut teori2 apa yg m’bentuk kerangka utama. Misal: Nye & Berardo (1966) menguraikan p’dktan2 teoritis konseptual diantarax: p’dktan antropologis,struktural, fungsional, situasional,psikoanalitik,ekonomi,institusional,interaksional,sosial-psikologis, p’kmbangan Kristen Barat& p’dktan hukum.
Teori - Teori
TEORI SISTEM
Dlm teori sistem umum, klg dipandang sbg suatu sistem t’buka dgn batas2x, mekanisme p’aturan sndri, sistem2 interaksi & superordinat,& subkomponen.
 Bagi Bronfenbrenner (1979): klg dgmbarkan sbg bagian dari struktur sprti sarang,dgn anggota klg scr individual b’sarang dlm ling.paling dekat yg termasuk klg.



   
2. TEORI STRUKTURAL - FUNGSIONAL
Dgn m’gunakan kerangka ini, klg ini dipandang sbg sistem sosial, tetapi lebih berorientasi pd hasil drpd  proses, y/ > mrpkan karakteristik teori sistem.
3.Teori p’kembangan keluarga
Teori p’kembanganm’jelaskan bgmn & perubhn apa y/ t’jd pd organisme umat manusia atw kel manusia dr waktu ke waktu.
Teori p’kembangan kel mrpkn perumusan ulang dr teori2 awal p’kembangan individu.
4.Teori interaksi keluarga
P’dekatan interaksi kel b’asal dr interaksi simbolik dlm kel.
Dlm p’dekatan interaksi kel, fokus umumx adlh pd cr2 dmn anggota kel saling b’hub satu sama lain.
Dg demikian, kel dipandang sbg suatu kumpulan kepribadian y/ b’interaksi, dinamika kel y/ internal serta hub diantara kel individu
5.Teori peran & teori stress keluarga
Teori peran & teori stress klg adlh : 2 teori tk sdng y/ ddasarkan antar interaksionisme simbolik atw kerangka interaksi.
3 faktor y/ diidentifikasi, b’interaksi b’sama, m’buat p’bedaan apakah klg menuju krisis apa tdk.
3 faktor p’jelas tsbt adlh:
Stresor tu sendr.
Sumber2 dr klg y/ ada
Persepsi klg thdp stresor
6.Teori konflik
7an utama dr teori konflik sosial adlh u/ m’uraikan & m’jelaskan p’ubahan sosial, konflik, & ketdk leluasaan.
2 asumsi dasar dr teori konflik adlh : bahwa klg senantiasa dlm perub y/ konstan ( perub & konflik tdk bs dihndari ).Dan dlm konflik sbg bentuk interaksi sosial, memiliki efek2 positiv & penyatu ( simmel,’95 )
7.Teori p’tukaran sosial
Teori p’kembangan sos y/ b’kembang diluar sosiologi, ekonomi klasik, & psikologi perilaku adlh teori lainx y/ t’xta b’manfaat u/ m’jelaskan interaksi klg.
Nye menyatakan bhw umat manusia m’hindari perilaku y/ merugikan & m’cari status2 t’hormat, hub, interaksi & keadaan perasaan y/ ada akhirx akan memax keuntungan mereka.
8.Teori p’belajaran sosial
Teori pembelajaran sos y/ diterapkan pd klg sngt b’guna dlm menilai bgmn anggota klg b’sosialisasi, bgmn mereka b’komunikasi & b’fungsi dlm peran klg, serta bgmn mereka b’adaptasi baik scr individu atw anggota klg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar