SUPRIYADI SUBEKTI, SKep.Ns
STIKES BANYUWANGI
Pengertian Perspektif Kep Anak :
Merup. Landasan berpikir
Bagi seorg perawat anak a/ klg
Prinsip Kep. Anak
Berfokus pd anak & Kelg
Memenuhi kebut anak & kelg
( Casey, 1997 )
C. Ruang Lingkup Kep. Anak
Manusia ( anak )
Sehat
Lingkungan
Kep. Anak
Anak
Usia 0 – 18 th (Yupi, ’04) a/
Usia 0 - 21 th (UU Kesht no 23)
Sedang proses tumbang
Punya kebut biopsikososio spritual
Butuh penghargaan (terutama 1-3 th) u/ bentuk harga diri
Indv. Unik bukan miniatur org dewasa
2. Sehat
Dlm rentang sehat – sakit
Sehat :
Keadaan ksejahtera optimal antara fisik, mental & sosial
dicapai sepanj. hidupnya
u/ mencapai tumbang yg optimal sesuai usianya
Bila sakit mempengaruhi tumbang
Sepanjang rentang sakit perlu bantuan perawat
3. Lingkungan
Anak bergantung pd lingkungan
Lingk. Internal
Genetik
Kematangan biologis
Sex
Intelektual
emosi
Lingk eksternal
Status nutrisi
Ortu
Sdr. Kandung
Masy/kelomp sekolah
Disiplin yg ditanamkan ortu
Agama
Budaya
Status sosio budaya
Iklim
4. Keperawatan
Bina hub. Terapeutik
Difokuskan pd promotif & oreventif
Askep berpusat pd klg
Klg dianggap mitra
D. Peran Perawat
Pembela ( Advocacy )
Pendidik
Konselor
Koordinator
Pembuat keputusan etik
Perencana keseht
Pembina hub. Terapeutik
Pemantau
Evaluator
Peneliti
FALSAFAH KEPERAWATAN ANAK
Tujuan Utama :
Mengoptimalkan tumbang serta tingkat kesehatan yang dapat dicapai oleh setiap anak dalam sistem keluarga
KEPERAWATAN ANAK BERFOKUS PADA KELUARGA
MEMBERDAYAKAN (ENABLE)
Setiap anggota keluarga berhak untuk menampilkan kemampuan dan mengembangkan kemampuannya dalam keluarga untuk memenuhi kebutuhan anak dan keluarga
MEMPERKOKOH (EMPOWERMENT)
Interaksi perawat – keluarga untuk mempertahankan atau mendapatkan kontrol positif pada keluarga dalam pengambilan keputusan untuk anak dan keluarga.
Elemen pokok Asuhan yg berpusat pd kelg :
Hub. Anak & ortu adl unik
Ortu dpt memberikan asuhan yg efektif selama hospitalisasi anaknya
Kerjasama dlm model asuhan adl fleksibel & menggunakan konsep askep anak
Keberhasilan askep anak tergantung pd kesepakatan tim kesht
ATRAUMATIC CARE
Tindakan perawatan terapeutik untuk meminimalkan distress fisik dan psikologik yang dialami anak dan keluarga dalam sistem pelayanan kesehatan.
Contoh :
Distress fisik : kurang tidur, immobilisasi, gangguan rangsang sensori (nyeri).
Distress psikologis : ansietas, takut, marah, kecewa, malu sedih.
3 PRINSIP UTAMA
Mencegah atau meminimalkan perpisahan anak dari keluarga
Meningkatkan kontrol diri
Mencegah atau meminimalkan cedera tubuh
Contoh : menyiapkan anak sebelum dilakukan prosedur tindakan
PRIMARY CARE
Perawatan fungsional perawatan primer
Masalah : Pengaturan jadwal
Perawat – anak : memberikan intervensi suportif yang konsistent bagi anak dan berfokus pada keluarga sebagai bagian dari perencanaan dan implementasi tindakan perawatan.
Trias fenomena di Ind :
Laju pertambahan penduduk
Masalah gizi
Tingginya morbiditas dan mortalitas
PANDUAN PROSEDUR KLINIK DALAM KEPERAWATAN ANAK
CONTOH :
Manajemen nyeri akut
Inkontinensia perkemihan
Perawatan luka dekubitus
Perawatan klien anak dengan depresi
Asuhan keperawatan anak dengan penyakit HIV
Ny. Indah seorang mahasiswa D3 keperawatan Stikes Banyuwangi yang sedang bertugas di Ruang Anak. Ny. Indah bertugas untuk merawat An. Bagus dengan kasus kejang demam. Ny. Indah sangat perhatian dan bertanggung jawab terhadap kondisi An. Bagus dan sering meluangkan waktu untuk bermain dengan An. Bagus atau berbincang-bincang dengan keluarga. Ny. Indah juga sering membawakan mainan atau makanan kesukaan An. Bagus dan juga selalu berusaha untuk terlibat dalam keputusan untuk perawatan terhadap An. Bagus
Menurut Saudara, apakah tindakan Ny. Indah sudah tepat sebagai perawat anak ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar