Jumat, 07 Mei 2010

PERKEMBANGAN KELUARGA

KEPERAWATAN KELUARGA
Batasan Keahlian: (Friedman, 1992)
Tingkat 1. Keluarga sebagai konteks: keluarga merupakan latar belakang atau fokus sekunder dan individual sebagai fokus primer yang berkaitan dengan pengkajian dan intervensi

Batasan Keahlian
Tingkat 2. Keluarga sebagai kumpulan dari anggota keluarga

Masing-masing sebagai unit yang terpisah
Batasan Keahlian
Tingkat 3. keluarga sebagai klien
Keluarga dipandang sebagai fokus utama asuhan keperawatan, keluarga sebagai yang utama dan setiap anggota sebagai latar belakang atau konteks

ASUMSI DASAR PERKEMBANGAN KELUARGA (Aldous, 1978)
Keluarga berkembang dan berubah dari waktu ke waktu dengan cara yang sama dan dapat diprediksi
Manusia mengalami maturasi dan berinteraksi sehingga melakukan tindakan dan reaksi terhadap lingkungan
Keluarga dan anggota melakukan tugas tertentu yang ditetapkan oleh mereka dengan konteks budaya dan masyarakat
Kecendrungan pada keluarga memulai sebuah awal dan akhir yang jelas

SIKLUS KEHIDUPAN KELUARGA
  • Tahap 1. keluarga pemula (Pasangan menikah)
  • Tahap 2. keluarga sedang mengasuh anak (sampai dengan 30 bulan)
  • Tahap 3. keluarga dengan anak tertua berumur 2-6 tahun
  • Tahap 4. keluarga dengan anak tertua usia sekolah (6-13 tahun)
  • Tahap 5. keluarga dengan anak tertua berumur 13-20 tahun
  • Tahap 6. keluarga yang melepas anak usia dewasa muda (anak pertama-akhir)
  • Tahap 7. orangtua usia pertengahan (pensiun, dan lepas jabatan pekerjaan)
  • Tahap 8. ada anggota keluarga dengan usia lanjut (65 tahun ke atas) (Duvall, 1977)
TUGAS PERKEMBANGAN
Tahap transisi
1. pisah dari keluarga asal
2. menjalin hubungan intim dengan teman sebaya
Membentuk kemandirian dalam pekerjaan dan finansial (Carter dan McGoldrick, 1988)

Keluarga Pemula
  • Membangun perkawinan yang saling memuaskan
  • Menghubungkan jaringan persaudaraan secara harmonis
  • Merencanakan keluarga (mempersiapkan menjadi orangtua)
  • Keluarga dengan Bayi
  • Membentuk keluarga muda sebagai satu unit
  • Rekonsiliasi tugas-tugas perkembangan yang bertentangan dan kebutuhan anggota keluarga
  • Mempertahankan hubungan perkawinan yang memuaskan
  • Memperluas persahabatan dengan keluarga besar dengan menambahkan peran orangtua dan kakek-nenek
  • Keluarga dengan anak usia prasekolah
  • Memenuhi kebutuhan anggota keluarga seperti rumah, ruang bermain, privasi, keamanan
  • Mensosialisasikan anak
  • Mengintegrasikan anak baru dengan tetap memenuhi kebutuhan anak lain
  • Mempertahankan hubungan yangs ehat dalam keluarga (suami-isteri, ortu-anak, keluarga-saudara)
Keluarga dengan anak usia sekolah
Mensosialisasikan anak-anak, meningkatkan prestasi sekolah, mengembangkan hubungan dengan teman sebaya yang sehat
Mempertahankan hubungan perkawinan yang memuaskan
Memenuhi kebutuhan kesehatan fisik anggota keluarga
Keluarga dengan anak usia remaja
Menyeimbangkan kebebasan dan tanggungjawab ketika remaja menjadi dewasa dan mandiri
Memfokuskan kembali hubungan perkawinan
Berkomunikasi secara terbuka antara orangtua-anak
Keluarga melepaskan anak usia dewasa muda
Memperluas siklus keluarga dengan memasukkan anggota keluarga baru yang didapatkan melalui perkawinan anak (mantu)
Melanjutkan untuk memperbaharui dan menyesuaikan kembali hubungan perkawinan
Membantu orangtua dengan usia lanjut dan adanya masalah kesehatan degeneratif

Orangtua usia pertengahan
Menyediakan lingkungan yang meningkatkan kesehatan
Mempertahankan hubungan-hubungan yang memuaskan dan penuh arti orangtua-anak
Memperkokoh hubungan perkawinan
Keluarga dengan lansia
Mempertahankan pengaturan hidup yang memuaskan
Menyesuaikan terhadap pendapatan yang menurun
Mempertahankan hubungan perkawinan
Menyesuaikan diri terhadap kehilangan pasangan
Mempertahankan ikatan keluarga antargenerasi
Meneruskan untuk memahami eksistensi mereka (penelaahan dan integrasi hidup)

AREA PENGKAJIAN

Tahap perkembangan keluarga saat ini
Pelaksanaan tugas keluarga
Riwayat perkembangan sebelumnya
Gambaran keluarga asal
Intervensi keperawatan keluarga
Tujuan: membantu keluarga dan anggotanya bergerak ke arah penyelesaian tugas-tugas perkembangan inividu dan keluarga

1 komentar:

  1. saya mau tanya,. apa yang perlu diperhatikan sehingga menjadi hal yang kritis pada perkembangan keluarga pemula??

    BalasHapus